Published On: Wed, Jul 3rd, 2013

8 Negara Maju di Dunia Yang Memiliki Sumber Daya Alam Terbatas

Setiap negara di bumi ini tidak memiliki keberuntungan yang sama satu dengan lainnya. Ada negara yang diberkahi kekayaan alam melimpah (contoh: Indonesia), ada juga sebagian negara yang mungkin karena faktor geografis dan cuaca kurang menguntungkan, sehingga tidak memiliki sumber daya alam atau jika memiliki sumber daya itu, namun terbatas.

Nah, kalau sudah seperti ini, bisa dibayangkan bukan bagaimana negara tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya serta menunjang proses industrialisasi, yaitu dengan melakukan impor besar-besaran. Atau dengan kata lain, sumber daya alam mentah itu dibeli dari luar negeri.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas sejumlah negara yang tidak / terbatas dalam hal sumber daya alam, namun mereka sangat maju dan mapan dari segi ekonomi negara (credit: mevotex)

Jepang

japan

Negara pertama yang akan dibahas adalah Jepang. Negara ini memiliki banyak pegunungan, dan gunung berapi aktif yang cukup banyak. Negara ini memiliki sumber daya alam, hanya saja cukup terbatas, dan tak memadai untuk menopang pertumbuhan ekonomi negara dan jumlah penduduk yang cukup besar. Tak heran, bahan baku sangat bergantung dari impor luar negeri.

Kendati demikian, jepang mampu menjadi negara yang sangat maju di dunia. Ekspor utama dari negara ini adalah Mobil, Elektronik, Komputer, Semikonduktor, Tembaga, Baja, dan Besi.

Korea Selatan

korea selatan

Negara ini memiliki sumber daya alam yang sangat terbatas. Berbeda dengan negara saudaranya yang memiliki kekayaan mineral yang melimpah. Dengan sumber daya terbatas, Korea Selatan sangat bergantung pada bahan-bahan yang diimpor dari negara asing untuk menopang jumlah penduduk yang besar dan industri dalam negeri.

Di tahun 1960an, industry negara ini mampu bangkit dan cukup mendunia. Ekspor utama yang terkenal dari negara ginseng ini adalah semikonduktor, peralatan komunikasi nirkabel, computer, steel, kapal, otomotif, petrokimia, dan barang-barang elektronik canggih.

Saat ini Korea Selatan terus berkembang, dan berada pada posisi ke-5 negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Italia

italia

Mungkin di negara ini kamu akan jarang melihat gedung-gedung pencakar langit yang mendominasi layaknya negara-negara maju lainnya, namun jangan salah, Italia termasuk salah satu negara dengan perekonomian terkemuka di dunia. Negara ini terbilang kekurangan dalam hal sumber daya, dan kebanyakan bahan baku yang dibutuhkan didapat dari impor. Tercatat, bahwa negara ini mengimpor 99.7% bahan bakar padat, 92.5% minyak dan 91.2% gas alam.

Ekspor utama dari negara Italia adalah produk teknik, tekstil, pakaian, produksi mesin, otomotif, peralatan transportasi, bahan kimia, logam halus, dan barang-barang mewah.

Sebelumnya, Italia sempat menduduki posisi ke-4 negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 1991, hanya saja kini posisinya telah tersingkir ke posisi ke-8, digeser oleh Perancis dan Inggris.

Singapura

singapura

Negara tetangga kita yang satu ini patut diacungin jempol. Tanpa memiliki sumber daya alam, bahkan sempat impor air dari negara sebelah (Malaysia), singapura mampu menunjukan kepada dunia, bagaimana sebuah pulau yang kecil mampu menjadi negara dengan ekonomi paling makmur dan canggih.

48% ekspor dari singapura merupakan barang hasil olahan ulang yang kemudian dijual keluar (ekspor). Negara ini memberikan kontribusi sebesar 10% dalam memproduksi semiconductor wafer di dunia. Well, Ekspor utama negara ini adalah makanan & minuman, obat-obatan, bahan kimia, dan minyak halus. Singapura kini menduduki posisi ke-37 di dunia dalam hal kekuatan ekonominya.

Belgia

belgia

Satu-satunya sumber daya alam yang dimiliki oleh negara ini adalah batu bara. Belgia sangat bergantung pada bahan baku mentah yang di impor dari negara lain, sehingga negara ini sangat riskan terkena dampak kenaikan harga pasar dan komoditas global.

Di himpit oleh negara-negara berkekuatan ekonomi baik seperti Jerman, Perancis, dan Inggris, tidak memberikan banyak kesempatan kepada belgia untuk membangun basis manufaktur yang kuat. Hampir sama dengan Singapura, negara ini mengimpor bahan baku mentah dan setengah jadi, yang kemudian diolah kembali untuk di ekspor.

Ekspor utama dari Belgium adalah mesin dan peralatan, bahan kimia, berlian yang telah diolah, produk logam , dan bahan makanan. Posisi Belgia saat ini berada di ranking 23.

Swiss (Switzerland)

swiss

Negara ini hampir tidak memiliki sumber daya alam, dan sangat bergantung pada hasil impor. Sama halnya dengan Belgia, negara ini dikelilingi oleh negara-negara industry utama seperti Jerman, Perancis, dan Italia.

Swiss kemudian memfokuskan bisnis utamanya pada industry pertanian. Negara ini memiliki keunggulan dalam hal proses pengolahan makanan, memproduksi kebutuhan (makanan) multinasional seperti contohnya adalah produk Nestle. Negara ini juga unggul dalam memproduksi jam tangan mewah. Beberapa brand terkenal yang pasti sudah familiar bagi kita semua adalah Rolex dan Swatch.

Ekspor utama negara ini adalah bahan kimia, mesin, logal, jam tangan, produk pertanian, dan bahan makanan. Negara ini berada di posisi ke 19.

Taiwan

taiwan

Setelah 50 tahun dijajah oleh Jepang, Negeri mata hari terbit itu telah menyapu sumber daya alam di Taiwan. Di akhir perang dunia ke-2, Taiwan sangat krisis dalam hal sumber daya alam, sehingga dengan terpaksa mengimpor bahan baku dari luar negeri. Disebutkan bahwa 90% dari kebutuhan industry negara ini di impor dari luar.

Kendati demikian, negara ini mampu mengalami industrialisasi yang sangat pesat, membuatnya menjadi negara no. 1 dengan teknologi elektronik mutakhir dan semikonduktor. Bahkan, di tahun 2010, Taiwan sukses menggeser posisi jepang sebagai negara no satu yang memproduksi semikondutor di dunia.

Ekspor utama Taiwan adalah komputer, elektronik, mesin, logal, tekstil, plastic, semikonduktor, optic, fotografi, bahan kimia, dan lainnya. Negara ini kini berada di posisi ke 27 dalam perekonomian terbaik di dunia.

 

Sumber: http://www.simakterus.com

Incoming search terms:

About the Author

- John, alias Bang John, seorang yang banyak berpengalaman dalam hal menyajikan berita menarik dan unik. Selamat Membaca dan semoga terhibur

Leave a comment